Profile Pengabdian Masyarakat Tahun 2017

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan program bantuan dana pengabdian, dalam rangka mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan serta pengembangan masyarakat, kehidupan demokratis dan keadilan social bagi seluruh bangsa berbasis riset dan kearifan local. Pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan kali ini menggunakan metode CBR.

Community Based Research (CBR) merupakan salah satu metode penelitian dengan pendekatan berbasis komunitas (community based research)dengan konsekuensi paradigmatik bertumpu pada partisipasi aktif komunitas. Kegiatan pemberdayaan ini memenuhi tiga prinsip CBR yaitu (1) adanya kolaborasi antara peneliti dan komunitas; (2) validasi terhadap pengetahuan yang dimiliki komunitas dan adanya berbagai cara untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi dan (3) adanya perubahan sosial sebagai sarana utama untuk mencapai keadilan sosial atau apapun yang menjadi visi dan cita-cita keinginan masyarakat. Adapun langkah umumnya meliputi Laying the foundations, Planning, Information gathering / analysis, dan Action on finding.

Bantuan peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat dialokasikan untuk pengabdian berbasis riset (research) dan kearifan lokal (local wisdom), terutama di nagari-nagari, adat dan budaya Minangkabau. Dengan pendekatan/metodologi Community Based Research (CBR), diharapkan keluaran (output) pengabdian yang didanai bisa lebih terukur bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya peningkatan mutu kehidupan kaum Muslimin di Sumatera Barat.

LPPM IAIN Batusangkar memfasilitasi kegiatan tersebut, dan sebagai wahana pengembangan kerjasama dalam mengoptimalkan pusat studi di berbagai Fakultas, Jurusan/Program Studi. Pengabdian yang difasilitasi oleh Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM tahun 2017 ini akan dilaksanakan di tiga nagari di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, yaitu Nagari Kumanis, Nagari Tanjung Bonai Aur dan Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan.

Tujuan Pengabdian ini adalah:

  1. Mengamalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperoleh dari pembelajaran dan penelitian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam rangka mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan serta pengembangan masyarakat, kehidupan demokratis dan keadilan sosial bagi kehidupan bangsa berbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
  2. Memperkuat dan meningkatkan kompetensi dosen serta produktivitas pengabdian berbasis riset dan kearifan lokal.
  3. Meningkatkan kesempatan dosen untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga mitra baik di tingkat lokal, nasional maupun international yang mempunyaiconcern di bidang pemberdayaan masyarakat berbasis riset dan kearifan lokal.
  4. Melahirkan ilmuwan di kalangan PTKI yang memiliki keahlian otoritatif dan implementatif pada bidang tertentu.

Luaran dari Pengabdian ini adalah:

  1. Tersedianya dokumen tentang kiprah perguruan tinggi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk perubahan sosial.
  2. Publikasi kegiatan pembangunan kesadaran masyarakatberbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
  3. Knowledge sharing hasil-hasil pengabdian berbasis riset dan kearifan lokal Minangkabau.
  4. Jejaring berkelanjutan dengan para pemberdaya masyarakat terkemuka dari universitas/institusi/lembaga riset.

Prosedur Pengabdian Masyarakat Tahun 2017

Kriteria Umum Pengusulan program bantuan peningkatan mutu pengabdian LPPM IAIN Batusangkar adalah:

  1. Pengusul
  1. Pengusul baik ketua tim maupun anggota tim tidak sedang mendapatkan Beasiswa Diktis dan tidak sedang kuliah dalam masa Tugas Belajar atau Izin Belajar. Bagi yang melanggar akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.
  2. Pengusul adalah dosen atau kelompok dosen di program studi/jurusan yang sama atau gabungan dari beberapa program studi/jurusan dalam satu fakultas yang sama, dengan jumlah minimal 2 orang dan maksimal 3 orang, pengusul individual tidak akan diproses.
  3. Pengusul hanya boleh mendaftar satu judul, baik sebagai ketua atau anggota. Pengusul yang kemudian hari ditemukan mendaftar lebih dari satu judul dapat digagalkan dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Pengusul tidak sedang menjabat sebagai Rektor/Ketua, Wakil Rektor/Ketua, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Lembaga Struktural.
  5. Pengusul tidak sedang memperoleh bantuan pengabdian kepada masyarakat dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun anggaran 2017.
  1. Administratif
    1. Dosen tetap pada IAIN Batusangkar, yang dibuktikan dengan SK terakhir.
    2. Ketua tim adalah dosen yang mempunyai kapabilitas keilmuan, dan
      background pendidikan yang sesuai terkait bidang kajian yang akan dijadikan sebagai objek dalam pengabdian yang dibuktikan dengan lampiran daftar riwayat hidup, sertifikat dan dokumen pendukung lainnya, yang memuat dan menjelaskan tentang pengalaman pekerjaan terkait dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan.
    3. Surat Pernyataan Pengusul di atas materai Rp. 6,000; (enam ribu rupiah) yang menyatakan bahwa:
      1. Proposal belum pernah/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi atau bagian darinya
      2. Proposal belum pernah/tidak sedang didanai oleh pihak manapun dalam maupun luar negeri.
      3. Ketua Tim tidak sedang menjabat sebagai pimpinan PTKI (Rektor/Ketua, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua/Sekretaris Jurusan, Ketua/Sekretaris Lembaga, Kepala Pusat).

 

Tata Cara Pengusulan

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman website  www.simlitabmas.iainbatusangkar.ac.id
  2. Menyerahkan proposal dalam bentuk hardcopy
  3. Menyertakan lampiran-lampiran

Pedoman Penulisan Concept Notes

  1. Proposal  Pengabdian (untuk tahap SELEKSI) dengan mengikuti pedoman penulisan Concept Notes  maksimum berjumlah 7 halaman yang diketik pada kertas ukuran A4; spasi 1,5 lines; huruf Times New Roman size 12 point; margin 2,5 cm. (Concept Notes yang disusun tidak sesuai dengan ketentuan akan langsung didiskualifikasi pada tahap seleksiadministrasi).
  1. Concept Notes minimal mencakup beberapa unsur sebagai berikut:
  1. Isu dan Fokus Pengabdian
  2. Alasan Memilih Subyek Dampingan
  3. Kondisi Subyek Dampingan Saat Ini
  4. Kondisi dampingan yang diharapkan
  5. Strategi yang Dipergunakan
  6. Pihak-pihak yang Terlibat (stakeholders) dan Bentuk Keterlibatannya
  7. Kepustakaan yang digunakan
  1. Concept Notes program pengabdian dijilid sebanyak 2 (dua) bendel:
  1. 1 (satu) bendel terdiri dari gabungan antara Check List kelengkapan (sebagaimana terlampir), substansi Concept Notes, dan supporting documents (kelengkapan administrasi terdiri dari ringkasan Concept Note dan lampiran-lampiran seperti surat keterangan sebagaimana disebutkan pada Persyaratan Administratif.). Berkas ini dijilid dengan sampul muka (cover) yang mencantumkan judul program pengabdian, nama tim, dan lembaga pengusul.
  2. 1 (satu) bendel hanya memuat substansi Concept Notes dan dijilid dengan sampul muka (cover) yang hanya memuat judul program pengabdian, tanpa
    mencantumkan nama tim dan lembaga pengusul. Berkas substansi yang masih menyantumkan nama tim dan identitias pengusul langsung didiskualifikasi pada tahap seleksi administrasi.
  1. Tim Penyusun yang Concept Notes-nya dinyatakan lolos seleksi diharuskan menyusun Proposal Lengkap Pengabdian pada Masyarakat yang mencakup seluruh unsur pada Concept Notes ditambah beberapa item sebagai berikut:
  1. Resources yang Sudah Dimiliki
  2. Alokasi Biaya dan Jadwal Pengabdian.
  3. Bio Data Personalia (Daftar personalia yang terlibat dalam kegiatan penelitian. Daftar personalia ini ditulis lengkap dengan keahlian yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan penelitian, jadwal, serta alokasi waktu keterlibatan masing-masing).
  4. Lampiran lainnya, yaitu:
  • Surat Keterangan dari pejabat terkait/SK. Pengangkatan;
  • Surat Keterangan dari Dekanyang menerangkan Ketua Tim adalah personel yang mempunyai kapabalitas keilmuan, dan background pendidikan yang sesuai terkait bidang kajian yang akan dijadikan sebagai obyek dalam penelitian, ditandatangani oleh Dekan/Ketua Prodi;
  • Surat Pernyataan Pengusul bahwa proposal belum pernah/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi dan Surat Pernyataan proposal belum pernah/tidak sedang didanai oleh pihak manapun dalam maupun luar negeri.
  • Surat Pernyataan ini ditandatangani oleh pengusul/ketua tim yang bersangkutandan dibubuhi materai Rp. 6,000,00 (enam ribu rupiah).

Beberapa aspek penting yang digunakan Tim Reviewer untuk menentukan mutu proposal program pengabdian kepada masyarakat:

1. Isu aktual dan relevan dengan latar belakang keilmuan. Bagian ini memuat tentang fokus pengabdian yang diangkat adalah isu aktual, relevan dengan basis keilmuan, memiliki manfaat nyata bagi masyarakat serta memiliki prospek keberlanjutan (sustainability).

2. Alasan memilih dampingan

Bagian ini memuat tentang alasan memilih dampingan memuat tentang alasan dan argumen yang kuat dalam memilih komunitas mitra pengabdian berdasarkan harapan masyarakat dan memilik pengaruh yang penting bagi masyarakat mitra.

3. Riset Pendahuluan dan Basis Teori

Bagian inimenjelaskan secara nyata kondisi komunitas yang akan didampingi sesuai dengan hasil penelitian pendahuluan (prelemenary research) yang telah dilakukan. Deskripsi perlu disertai data-data kuantitatif maupun kualitatif yang memadai, sehingga tergambar kondisi umum dan kondisi spesifik komunitas yang akan menjadi fokus dampingan. Proposal juga mengungkapkan tentang KERANGKA TEORI yang dipergunakan untuk melaksanakan proses pendampingan.

4. Kondisi dampingan yang diharapkan

Bagian ini menjelaskan kondisi yang diharapkan selama dan setelah proses dampingan berlangsung sebagaimana hasil penelitian pendahuluan (prelemenary research). Dengan dasar penelitian pendahuluan dan teori yang melandasinya, maka pengusul menggambarkan harapan perubahannya.

5. Strategi Aksi

Bagian ini menyebutkan sejumlah strategi yang akan dilakukan untuk mencapai kondisi yang diharapkan dan bagaimana kaitannya satu sama lain. Hal ini bisa meliputi metode, teknik, atau kegiatan, yang akan dilakukan agar strategi yang dirancang dapat berjalan.

6. Penggunaan Logical Framework

Bagian ini memuat tentanganalisis lebih tajam tentang persoalan yang dihadapi masyarakat. Sehingga dimungkinkan dapat dilakukan untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian.

7. Keterlibatan Stakeholder. Bagian ini menjelaskan tentangketerlibatanpihak-pihak yang relevan dengan isu dan fokus pengabdian yang akan dilakukan.

8. Resources yang sudah dimiliki, baik dari tim pengabdi maupun masyarakat. Bagian inimemuat tentangkapasitas tim dan lembaga pengusul untuk melakukan program ini, dan resources apa yang dimiliki untuk menjalankan program pengabdian. Besaran Biaya dan Alokasi Waktu, biaya yang dialokasikan rasional dan mampu membuat perubahan yang berarti bagi masyarakat.

9. Publikasi dalam Bentuk Buku atau Jurnal. Bagian ini memuat tentang potensi dan narasi serta gagasan yang dihasilkan dari proses pengabdian mampu dipublikasikan.

Format Halaman Sampul Pengabdian


 

No Registrasi:.....................

BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
 

 

(JUDUL PROPOSAL)

 

 

Oleh:

(.................................) Ketua Tim

(.................................)  Anggota Tim

(.................................) Anggota Tim

 

 

NAMA JURUSAN

NAMA FAKULTAS

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BATUSANGKAR

2017

 

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

1. a. Judul Kegiatan                :

    b. Jenis Kegiatan                 :

2. Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap               :

b. Jenis Kelamin                 :

c. NIP                                 :

d. Bidang Ilmu                    :

e. Pangkat/Golongan          :

f. Unit Kerja                       :

g. Alamat                            :

h. Telp                                 :

i. email                                :

3. Waktu Penelitian                 :

4. Biaya                                   :

5. Sumber Biaya                     :

                                                                                                 

                                                                                                                         Kota, Tanggal, Bulan, Tahun

Mengetahui,

Ketua LPPM                                                                                                      Ketua Tim,

 

Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Tahun 2017

2

No

Uraian Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1

Pengumuman Penerimaan Proposal

17 s/d 28 Juli 2017

2

Seleksi Administrasi (desk evaluation)

28 s/d 31 Juli 2017

3

Evaluasi Tim Reviewer

1 s/d 4 Agustus 2017

4

Pengumuman Penerima Bantuan Dana

7 Agustus 2017

5

Penyerahan Laporan Akhir

Minggu kedua bulan November 2017

Bentuk Pengabdian

  1. Pembelajaran Masyarakat, yakni suatu kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan.
  2. Pendampingan Masyarakat, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra.
  3. Advokasi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas/kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warganegara.
  4. Pemberdayaan Ekonomi, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pendapatan.
  5. Layanan Masyarakat, yakni penyediaan layanan masyarakat seperti layanan keagamaan, kesehatan, mediasi, resolusi konflik, konsultansi (psikologi, keluarga, hukum, pembuatan rencana bisnis, proyek), pelatihan, penelitian, dan lain-lain.
  6. Ujicoba, Adaptasi serta Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis IPTEKS, yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengembangan dan penerapan hasil penelitian (action research), seni, budayaataupun teknologi sederhana untuk mengembangkan potensi dan peluang yang terdapat pada suatu komunitas masyarakat. Misalnya inovasi kesenian tradisional dengan kesenian modern bernafaskan nilai-nilai keislaman.

Jenis dan Tema Bantuan Pengabdian

  1. Pembentukan Kelompok Paralegal dan aktivis ADR (Alternative Dispiut Resolution), tema ini untuk dosen Program Studi/Jurusan di lingkungan Fakultas Syariah.
  2. Pembentukan Kelompok Kerja Guru (KKG) MDA, tema ini untuk dosenProgram Studi/Jurusan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).
  3. Pembentukan Kelompok Perempuan Sadar Lingkungan (Pusat Studi Gender dan Anak), tema ini untuk kelompok Pusat Studi Gender dan Anak.
  4. Membuat Business Plan untuk BUM Nagari di Sumpur Kudus, tema ini untuk dosenProgram Studi/Jurusan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).
  5. Pembuatan video profil nagari, tema ini untuk dosen Program Studi/Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dengan melibatkan mahasiswa.

Lokasi Pengabdian

  1. Nagari Kumanis Sijunjung
  2. Nagari Tanjuang Bonai Aur Sijunjung
  3. Tanjung Bonai Aur Selatan Sijunjung
  4. Nagari-nagari lain sesuai dengan permintaan Masyarakat / Pemerintah Nagari

 

 

 

 

  1. Laporan Akademik. yaitu laporan hasil kegiatan pelaksanaan. Dalam hal ini, penerima bantuan program (grantee) menyerahkan laporan yang terdiri dari 4 (empat) bentuk, yaitu:
  1. Laporan Hasil Program Lengkap. Yang dimaksud dengan laporan lengkap adalah laporan penelitian yang menampilkan secara lengkap hasil kegiatan yang meliputi:
  1. Laporan Inti, yakni laporan akademik hasil program yang di-lay out dalam bentuk buku ukuran kertas HVS A-4, dan secara lengkap beserta lampirannya, atau;
  2. Laporan dalam bentuk buku. Laporan inti sebagaimana dimaksud pada huruf a di-lay out dalam bentuk buku siap dipublikasikan dengan ukuran 17 x 24 cm, dengan ukuran spasi 1,15 s.d 1,5 pt.
  1. Excecutive Summary. Yang dimaksud dengan laporan dalam bentuk excecutive summary adalah laporan yang sudah diformat dalam bentuk tulisan/artikel yang siap dikirimkan ke Jurnal. Excecutif summary tidak selalu menggambarkan proses kegiatan, namun bagian dari kegiatan dan knowledge yang dihasilkan dari proses pengabdian. Laporan jenis ini mengikuti sistematika sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Nama penulis, alamat email dan jabatan/pekerjaan saat ini
  3. Abstraksi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris/Arab
  4. Kata kunci
  5. Isi tulisan, dengan sistematika: Pendahuluan, Pembahasan dan Penutup, daftar referensi
  1. Laporan Outcome. Laporan yang mengatur tentang outcome program sesuai perjanjian yang disepakati, di antaranya adalah: (1) Hasil program di muat dalam majalah, jurnal nasional, atau jurnal nasional terakreditasi dan (2) Hasil program sudah diformat dalam bentuk ukuran buku dan siap dipublikasikan oleh lembaga penerbit skala nasional

        2. Laporan Penggunaan Dana. Setiap penggunaan uang Negara harus dilaporkan kepada pemberi/penyalur dana bantuan. Laporan Penggunaan Dana adalah laporan yang disusun untuk mengetahui               besarnya realisasi atas pengeluaran yang dibandingkan dengan anggaran yang telah disusun. Setiap laporan keuangan harus disertai dengan bukti pendukung sesuai ketentuan pelaporan yang                          ditetapkan. Sebagai panduan pembantu lihat lampiran.

Batas Waktu Pelaporan

  1. Laporan penggunaan dana, laporan akademik atau dummy buku sudah dikirim hard copy dan soft copy kepada Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar.
  2. Untuk laporan out come dalam bentuk artikel yang dimuat pada jurnal nasional paling lambat bulan November 2017.

Mekanisme Pelaporan

Penyerahan laporan memenuhi prosedur sebagai berikut:

  1. Laporan akademik terdiri dari hard copy dan soft copy. Hard copy dalam bentuk buku, artikel siap terbit, dan tulisan yang telah dipublikasikan sebanyak 2 exemplar,
  2. Laporan akademik dan keuangan juga disimpan dalam CD (1 buah).
  3. Laporan Akademik, CD dan laporan penggunaan dana bantuan diserahkan ke Pusat Pengabdian pada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar.

Sistematika Pelaporan

Sistematika laporan disesuaikan berdasarkan kategori pengabdiannya, yakni sebagai berikut:

1. Laporan Hasil Pengabdian

Cover Abstraksi Pengantar

Daftar Isi

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang

B. Permasalahan

C. Tujuan

D. Signifikansi

E. Sistematika Penulisan

BAB II Kerangka Konsep

A. Gambaran Umum Lokasi Pengabdian

B. Kondisi Saat ini Masyarakat Dampingan

C. Kondisi yang Diharapkan

D. Strategi Pelaksanaan

E. Kajian Teori

BAB III Pelaksanaan Pengabdian

A. Gambaran Kegiatan

B. Dinamika Keilmuan

C. Teori yang Dihasilkan dari Pendampingan Komunitas

BAB IV Diskusi Keilmuan

A. Diskusi Data

B. Follow Up

BAB V Penutup

A. Kesimpulan

B. Penutup

DAFTAR KEPUSTAKAAN

------------------
Catatan: *) Sistematika bisa menyesuaikan dengan kebutuhan **) Judul Bab bisa menyesuaikan dengan isi bahasan

 

2. Laporan dalam Bentuk Naskah Tulisan Artikel Jurnal

Judul Nama Penulis (tempat tugas dan email)

Abstrak (dalam bahasa Inggris/Arab dan Indonesia)

Kata Kunci (keywords)

Pendahuluan

Metode

Pembahasan

Kesimpulan

           Daftar Kepustakaan

 

 

 

Instrumen Pengabdian Masyarakat Tahun 2017

Tabel Indikator Penilaian Proposal Program Bantuan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM IAIN Batusangkar 2017

No

Aspek Penilaian

Indikator Penilaian

Hasil Penilaian

1

2

3

4

1

ISU AKTUAL DAN RELEVANSI

Fokus Pengabdian yang diangkat adalah isu aktual

 

 

 

 

Isu dan fokus pengabdian relevan dengan basis keilmuan pengusul

 

 

 

 

Memiliki Manfaat nyata bagi Masyarakat/Komunitas mitra pengabdian

 

 

 

 

Isu dan Fokus Pengabdian memiliki prospek keberlanjutan (sustainability) program ALASAN

 

 

 

 

2

ALASAN

Gagasan yang diangkat memiliki makna yang signifikan

 

 

 

 

Ketepatan pemilihan masyarakat dampingan sesuai isu yang diangkat

 

 

 

 

Tujuan akhir program pengabdian adanya perubahan dan kesadaran

 

 

 

 

Proyeksi perubahan yang terjadi memiliki pengaruh yang sangat penting bagi masyarakat/komunitas mitra pengabdian

 

 

 

 

3

RISET TERDAHULU DAN BASIS TEORI

Mendiskripsikan Riset-riset dahulu yang relevan

 

 

 

 

Ketepatan teori dan riset berkenaan dengan pelaksanaan pengabdian

 

 

 

 

4

LOGICAL FRAMEWORK DAN STRATEGI AKSI

Kerangka kerja disusun secara logis

 

 

 

 

Metode, teknik dan program yang disusun RELEVAN dengan tujuan akhir program pengabdian

 

 

 

 

Rencana strategi aksi yang disusun STRATEGIS untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian

 

 

 

 

Rencana aksi yang disusun OPERASIONAL dan dimungkinkan dapat dilakukan untuk mencapai tujuan akhir program pengabdian

 

 

 

 

Kegiatan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan tujuan pengabdian

 

 

 

 

Pihak-pihak yang terlibat atau yang akan dilibatkan relevan dengan isu dan fokus pengabdian

 

 

 

 

5

KETERLIBATAN STAKHOLDER

Pihak-pihak yang terlibat atau yang akan dilibatkan relevan dengan isu dan fokus pengabdian

 

 

 

 

Kejelasan bentuk keterlibatan sejumlah
stakeholders dalam program pengabdian

 

 

 

 

Kekuatan tim pengabdi

 

 

 

 

Resources masyarakat dampingan

 

 

 

 

Resourses mitra atau stakeholders

 

 

 

 

6

KETEPATAN PENGGUNAAN BIAYA DAN ALOKASI WAKTU
 

Biaya yang diusulkan rasional

 

 

 

 

Proporsionalitas sebaran pembelanjaan anggaran (lebih dari 50% dialokasikan untuk kepentingan masyarakat/komunitas mitra dan proses pengabdian)

 

 

 

 

Alokasi waktu yang disusun rasional dan diperkirakan mampu membuat perubahan yang berarti bagi masyarakat/komunitas mitra pengabdian

 

 

 

 

7

PUBLIKASI

Potensi dari narasi dan gagasan untuk dipublikasikan di Jurnal

 

 

 

 

Implementasi dari Hasil Pengabdian

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

Lampiran-lampiran Pengabdian Masyarakat Tahun 2017

 

Lampiran 1. Contoh Rancangan Anggaran Biaya (RAB)


 

Lampiran 2. Sampul muka (cover) gabungan antara Proposal dengan identitias dan supporting documents

 

                                                                                                No Registrasi:.....................

BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
 

 

(JUDUL PROPOSAL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Oleh:

(.................................) Ketua Tim

(.................................)  Anggota Tim

(.................................) Anggota Tim

 

 

 

 

 

(NAMA JURUSAN)

(NAMA FAKULTAS )

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

BATUSANGKAR

2017


Lampiran 2. Sampul muka (cover) tanpa identitias dan supporting documents

                                   

                        No Registrasi:.....................

 

 

BANTUAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
 

 

(JUDUL PROPOSAL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


(NAMA JURUSAN)

(NAMA FAKULTAS )

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

BATUSANGKAR

2017

 

 

Lampiran 4. Check List Kelengkapan Proposal

 

CHECK LIST KELENGKAPAN PROPOSAL

 

No

Komponen

Iya

Tidak

1

Pengusul adalah dosen tetap IAIN Batusangkar

 

 

2

Membubuhkan No. Reg pada cover proposal di bagian pojok kanan atas.

 

 

3

Concept note proposal dan supporting document dijilid sebanyak 1 (satu) bebdel dengan mencantumkan judul, nama pengusul dan lembaga pengusul pada sampul depan

 

 

4

Concept note proposal dijilid sebanyak1 (satu) bendel tanpa disertai supporting document dan tidak mencantumkan nama pengusul maupun lembaga pengusul pada sampul depan dan soft copy dalam format PDF.

 

 

5

Masing-masing berkas dijilid dengan warna sesuai dengan tema pengabdian

 

 

6

Menyertakan berbagai lampiran administrasi seperti SK, Surat Pengantar/Surat Keterangan dari pimpinan fakultas, surat pernyataan tema yang sedang dibahas adalah bukan tema bagian dari tesis/disertasi atau tidak/sedang dibiayai oleh dana lain.

 

 

 

 

 

 

 


Lampiran 5. Contoh Surat Pernyataan

 

 


KEMENTERIAN AGAMA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BATUSANGKAR

Jl. Sudirman No. 137 Kuburajo Lima Kaum Batusangkar 27213 Telp. (0752) 71150, 574221, 574222, Fax. (0752) 71879

http://www.stainbatusangkar.ac.id                                     e-mail: syariah@stainbatusangkar.ac.id.

 

SURAT PERNYATAAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb


Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                           :

NIP / NIDN                :

Jabatan                                   : Ketua Tim

Dengan ini menyatakan bahwa proposal yang diajukan dengan judul ................................................................................................................................................................................................................................................................ adalah benar proposal pengabdian tersebut belum/tidak sedang diajukan dalam penyusunan tesis/disertasi, dan belum/tidak sedang didanai oleh DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam ataupun tidak sedang didanai pihak lain.

Demikian surat pernyataan ini disampiakan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wassalam

                                                                                                                                              Batusangkar, ….......................... 2017

                                                        Ketua Tim

 

           

                                                        ..........................................

                                                        NIP

 

 

                                                                                     

Lampiran-Lampiran
Nama File Link
Lampiran Proposal Pengabdian Masyarakat.pdf http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/PenelitianDanPengabdian?id=11
Lampiran Proposal Pengabdian Masyarakat.pdf http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/PenelitianDanPengabdian?id=12
Petugas Seleksi dan Koresponden Pengabdian Masyarakat Tahun 2017
Nama Email
Hebby Rahmatul Utamy, S.H.I., M.Sy. Hebby Rahmatul Utamy, S.H.I., M.Sy. hebbymhista@gmail.com,bungbhadrika@gmail.com