Sebanyak 153 item atau buku ditemukan

Surau

Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi

  • ISBN 13 : 9786024221485
  • Judul : Surau
  • Sub Judul : Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi
  • Pengarang : Azra Azyumardi,  
  • Kategori : [Pendidikan islam]
  • Penerbit : Kencana
  • Klasifikasi : 2X7.3
  • Call Number : 2X7.3 AZR s
  • Bahasa : Indonesia
  • Edisi : Ed 1
  • Penaklikan : 148 hlm.; 21 cm
  • Tahun : 2017
  • Halaman : 148
  • Ketersediaan :
    0001.21806660
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806659
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806658
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806657
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806656
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806655
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806654
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806653
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806652
    (PNJ-001-00116037) Dipinjam sampai 12-09-2019 pada Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar
    0001.21806651
    Tersedia di Perpustakaan Utama IAIN Batusangkar

Perkembangan dan pembangunan bidang agama selama lima tahun Kabinet Pembangunan III (1978/1979-1982/1983).

Usaha-usaha yang telah dilakukan selama ini antara lain adalah melaksanakan
penataran ketrampilan, kewiraswastaan dan kepemimpinan (leadership) bagi
berbagai kelompok remaja; memberikan bantuan barupa biaya dan paket ...

Menelaah Historiografi Nasional Indonesia: Kajian Kritis terhadap Buku Indonesia dalam Arus Sejarah

Thomas Samuel Kuhn di dalam karyanya The Structure of Scientific Revolutions melontarkan gagasan tentang scientific revolution (revolusi ilmu) yang ditandai oleh adanya pergantian paradigma (paradigm shifts). Proses revolusi ilmu dimulai dari pra-ilmu (prescience) ketika tidak memiliki paradigma sentral; ilmu biasa (normal science) ketika ilmuwan mencoba mengembangkan paradigma sentral melalui pemecahan teka-teki (puzzle solving); keganjilan (anomalies) ketika ilmuwan mengalami kegagalan untuk menyesuaikan paradigma; kegentingan (crisis) ketika paradigma benar-benar pada puncak anomali; dan ilmu revolusioner (revolutionary science) ketika paradigma baru muncul. Apabila perspektif Kuhn tersebut dipergunakan untuk melihat perkembangan historiografi Indonesia, terutama sejak penerbitan Sejarah Nasional Indonesia oleh Balai Pustaka pada tahun 1975, maka posisi historiografi sejarah Indonesia berada pada tahapan krisis setelah muncul banyak keganjilan mengenai buku tersebut. Buku Sejarah Nasional Indonesia yang dikatakan sebagai buku standar sejarah Indonesia telah dianggap sebagai sumber otentik di tengah masyarakat Indonesia. Buku itu dijadikan sejarah babon yang menjadi rujukan bagi penulisan sejarah Indonesia sehingga para pengajar sejarah menerapkannya dalam pengajaran sejarah Indonesia. Buku Sejarah Nasional Indonesia merupakan karya historiografis yang ditulis para sejarawan Indonesia setelah melalui proses panjang. Namun seiring perkembangan kajian kesejarahan dan peralihan dari era Orde Baru ke era reformasi, para sejarawan kemudian berupaya melengkapi buku Sejarah Nasional Indonesia yang diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto itu sehingga muncul buku Indonesia dalam Arus Sejarah yang diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono.

Katalog Dalam Terbitan (KDT) ROFIQ, Ahmad Choirul Menelaah Historiografi
Nasional Indonesia: Kajian Kritis terhadap Buku Indonesia dalam Arus Sejarah/
oleh Ahmad Choirul Rofiq.--Ed.1, Cet.1-- Yogyakarta: Deepublish, November
2016.