Sebanyak 72753 item atau buku ditemukan

Penilaian

PENILAIAN Penilaian adalah hasil akhir dari proses pembelajaran yang selalu ditunggu-tunggu oleh peserta didik dan digunakan guru untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran sesuai dengan standar penilaian pendidikan. Sebagai seorang pendidik dalam memberikan penilaian kepada peserta didik, tidak terlepas dari standar dan pedoman penilaian yang ada. Ada tiga aspek penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek psikomotor. Buku ini akan memberikan informasi lengkap seputar penilaian.

Penilaian Autentik Peoses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, Ayi. 2018. Kurikulum Pembelajaran Penjas. Sumedang (Jawa Barat):
UPI Sumedang Press. Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran.

Penilaian dalam pendidikan prasekolah

Surayah Zaidon merupakan seorang bekas pensyarah prasekolah di Institut Perguruan Islam, Bangi. Manakala, Haslinda Md. Ali merupakan seorang pensyarah Institut Perguruan Perempuan Melayu, Melaka.

Merancang Penilaian Autentik

Pemahaman terhadap konsep dasar penilaian dalam pembelajaran harus dimiliki oleh seorang guru. Dengan menelaah hasil penilaian, seorang guru dapat mengatahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajarannya. Untuk melaksanakan penilaian autentik yang baik, guru hendaknya bertanya pada dirinya sendiri, khususnya berkaitan dengan: (1) pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik yang akan dinilai, (2) focus penilaian yang akan dilakukan, dan (3) bentuk pengetahuan yang akan dinilai. Untuk itu sebelum melakukan penilaian, seorang guru terlebih dahulu harus menentukan alat ukur yang tepat untuk mengukur kompetensi peserta didik yang hendak dinilai. Dalam buku ini, penulis memberikan sedikit gambaran tentang hal-hal dasar terkait proses penilaian dalam pembelajaran, antara lain seperti pengertian evaluasi, asessesment, pengukuran, PAN, PAP, metode penilaian hasil belajar, dan masih banyak yang lainnya.

Pemahaman terhadap konsep dasar penilaian dalam pembelajaran harus dimiliki oleh seorang guru.

Evaluasi Pembelajaran IPA

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hakikatnya dipandang sebagai proses, produk dan aplikasi. Oleh karena itu, pembelajaran IPA baik dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya harus sesuai dengan hakikat IPA. Buku Evaluasi Pembelajaran IPA ini menyajikan tentang strategi dalam merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran IPA berserta tindak lanjutnya. Buku ini menjelaskan tentang proses perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran IPA dan cocok dibaca oleh berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa dan pihak lain.

Contoh pertanyaan wawancara adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pendapat
anda tentang model pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan dalam
pembelajaran Fisika? (wawancara terstruktur). a. Sangat bagus b. Bagus c.
Cukup bagus d.

Tanya Jawab Seputar Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan

Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan acuan patokan; jawaban mereka belum benar. Untuk alasanalasan inilah buku ini diterbitkan dalam bentuk tanya jawab.

Pertanyaan-pertanyaan mendasar yang diajukan semisal apa pengertian dari pengukuran, penilaian dan evaluasi, apa perbedaan antara ketiga istilah tersebut; apa beda antara skor dan nilai; apa yang dimaksud dengan penilaian acuan norma dan ...

Laporan evaluasi tahun anggaran 2007

Evaluation report on the duty and function of Directorat General of Islamic Education, Republic of Indonesia, 2007.

Evaluation report on the duty and function of Directorat General of Islamic Education, Republic of Indonesia, 2007.

EVALUASI PEMBELAJARAN

Buku ini di lengkapi dengancontoh soal dan latihan untuk mempermudah pembaca memahami dan merefleksi pemahaman terkait mater yang di bahas pada masing-masing bab. Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai bahan referensi untuk menjadi seorang pendidik.

Penulis mengakui bahwa buku ini belum mampu seluruh masalah yang berkaitan dengan evaluasi, namun buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengetahui dasar-dasar pengetahuan yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran, sebagai ...