PERANAN GURU PAI DALAM PEMELIHARAAN KEBERSIHAN DAN KESEHATAN DI SDN 23 SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAHDATAR SUMBAR

Asmendri Asmendri

Abstract


In general this study was aimed at 1) identifying the roles played by  Islamic teaching (PAI) teachers as educators in integrating PAI instructional materials into health education, 2) detecting PAI teachers’ participation in carrying out health services, and 3) identifying PAI teachers’ roles as the supervisor of healthy school environment at SDN 23 Sungai Tarab. The findings show that the teachers were able to integrate PAI instructional materials into health programs conducted by the school. Such integration was especially carried out by means of topic on thaharah. In addition, the teachers took active participation in any health service program at the school. Though the percentage of their participation was not as significant as the classroom teachers, they kept participating in any school health programs carried out by the school.

Kata Kunci: guru, pemeliharaan, kebersihan, kesehatan

References


A. Qodry Azizy. 2002. Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Ber-manfaat). Semarang: Aneka Cipta.

----. 2004. Pendidikan Agama dan Pembiasaan Hidup Sehat. Solo: Tim Pembina UKS Pusat.

Ekspose Kepala SDN 23 Sungai tarab. 2006. Pelaksanaan Sekolah Se-hat di SDN 23 Sungai tarab Kec. Sungai tarab. Kab. Tanah Datar – Sumbar.

Imam Al Ghazali. 1995. Ringkasan Ihya Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani.

Indra Djati Sidi. 2004. Kebijakan Depdiknas dalam Pembinaan dan Pengembangan UKS. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI.

Majalah Ummi (edisi spesial). No-vember 2002. Hidup Sehat cara Nabi. Jakarta: PT. Kimus Bina Tadzkia.

Milya Sari. 2005. Peran Manusia ter-hadap Lingkungan dalam Pers-pektif Islam. (Batusangkar, Ta’dib, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol, 2 . Desember 2005). Hal. 60-68.

M. Kamil Abdushshamad. 2002. Muk-jizat Ilmiah dalam Al-Quran. Jakarta: Akbar media Eka Sarana.

Oemar Hamalik. 2004. Pendidikan Gu-ru Berdasarkan Pendekatan Kom-petensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Setjen Diknas RI.

Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Proyek Penyuluhan Kesahatan Masya-rakat. 1993. Pedoman Dasar U-saha Kesehatan Sekolah. Padang: Kanwil Depkes Propinsi Sumatera Barat.

R.J. Soenarjo. 2002. UKS Usaha Ke-sehatan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ja-karta: RajaGrafindo Persada.

SKB Empat (4) Menteri. 2003. Men-diknas No.1/U/SKB/2003; Menkes No. 1067/Menkes/SKB/VII/2003; Menag No. MA/130A/2003 dan Mendagri No.26/2003 tanggal 23 Juli 2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan UKS .

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pembina UKS Pusat. 2004. Hasil Rapat Kerja Nasional Usaha Kesehatan Sekolah (Rakernas UKS ) VII. Solo: Tim Pembina UKS Pusat.

Yusuf Qaradhawi. 2002. Islam Agama Ramah Lingkungan. Jakarta: Pus-taka Al-Kautsar.

Zakiyah Darajat. 1994. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v11i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

TA'DIB INDEXED BY:

   

 

 

 

 

Ta'dib Visitor

Lisensi Creative Commons
Journal Ta'dib distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.


Contact us: Ta'dib; Address: FTIK, IAIN Batusangkar; Jl. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Email: takdib@iainbatusangkar.ac.id