ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ummul Huda, Edwin Musdi, Nola Nari

Abstract


This research is motivated by the low mathematical representation ability of students in solving mathematical problem solving questions based on TIMSS data and facts in the field. The study aims to analyze the mathematical representation ability of MTsN Batusangkar students visually, verbally and symbolically in solving mathematical problem solving problems. This field research uses descriptive method. The instrument used is a description question and interview guide. Quantitative data based on test results were analyzed to determine the predicate of mathematical representation ability, while Miles and Huberman model wwas used to analyze qualitative data from interviews. The results show that students' mathematical visual and symbolic abilities are satisfactory, while verbal mathematical representations are less satisfactory.


Keywords


Analysis, Mathematical representation ability, Mathematical problem solving questions

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Amdasari, W. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Kelas X SMKN 1 Batusangkar. Skripsi: STAIN Batusangkar.

Aryanti, D., dkk. Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa pada Materi Segi Empat di SMP. Tersedia di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/ article/viewFile/812/pdf, Diakses tgl: 31 Agustus 2016

Buhaerah. Jurnal Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Pare-Pare : STAIN Pare-Pare.

Dahlan, J. A & Juandi, D. 2011. Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16, Nomor 1.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal penelitian pendidikan Vol. 13, No. 2, Oktober 2012.

Fauzan, A. 2013. Keefektifan Pembelajaran MEAs dengan Mengintegrasikan NKB terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Pada Siswa Kelas X. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Fauzan, A. Evaluasi Pembelajaran Matematika Modus Pascasarjana. UNP: Padang.

Herawati, S. 2012. Desain Pembelajaran (Kajian Teritis dan Praktis). Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Hudoyo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Tersedia di: http://eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf.

Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang kurikulum MTs/SMP.

Rahmawati, P. S. 2015. Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Representasi Siswa. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sabirin, M. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari Volume 01, Nomor 2. Tersedia di: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183173& val=6339&title=Representasi%20dalam%20Pembelajaran%20Matematika

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

TA'DIB INDEXED BY:

   

 

 

 

 

Ta'dib Visitor

Lisensi Creative Commons
Journal Ta'dib distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.


Contact us: Ta'dib; Address: FTIK, IAIN Batusangkar; Jl. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Email: takdib@iainbatusangkar.ac.id