Author Guidelines

PEDOMAN UMUM

  1. Artikel yang ditulis untuk Alfuad meliputi hasil pemikiran dan hasil penelitian  di bidang  sosial keagamaan. Naskah diketik dengan huruf  Times New Roman, ukuran 12 pt, dsengan line spacing 1.5 lines, dicetak pada kertas A4 maksimal 15 halaman
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dengan posisi yang disesuaikan dengan template penulisan. Jika penulis terdiri dari 2 orang atau lebih, penulis kedua dan selanjutnya ditulis di bawah nama penulis pertama. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, nama yang dicantumkan adalah ketua penyunting. Penulis mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah, dengan huruf sebesar14 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

Peringkat 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2  (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri )

Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

 

SISTEMATIKA PENULISAN

  1. Hasil pemikiran (konseptual): judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata); kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  2. Hasil penelitian: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang, metode; pembahasan yang berisi tinjauan pustaka, hasil; kesimpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  3. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk Skripsi, Tesis, Disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.
  4. Rujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Desmita, 2003: 47).
  5. Daftar Rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
  6. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud,1987). Artikel berbahasa Inggris menggunakan ragam baku.
  7. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh Mitar Bestari (reviewers) yang ditunjukkan oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberikan kesempatan untuk melakukan  perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

Buku:

Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Publishing Co.

Buku kumpulan artikel:

Ridwal Trisoni. 2005. Menulis artikel untuk Jurnal Ilmiah  (Volume 8, cetakan ke-1). Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representation. Dalam P.J. Blak & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science ( hlm.62-84). London: Routledge.

Artikel dalam jurnal dan majalah:

Kansil, C.L 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.

Artikel dalam Koran:

Pitunov, B.13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm.4 &11.

Tulisan/berita dalam koran ( tanpa nama pengarang):

Jawa pos. 22 April, 1995. wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian . Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pedidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Ary, D., Jacobs, L.C & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan kebutuhan Dunia Usaha Jasa Kontruksi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin, 9-11 Agustus.

Internet (Karya Individual):

Hitchcock, S., Carr,L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Jounals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://Jounal.ecs.soton.ac.uk/ survey/survey.html.diakses 12 JUNI 1996).

Internet (Artikel dalam jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), jilid 5, No.4,  (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Internet (bahan diskusi):

Wilson, D.20November 1995. Summary of  Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (online), (NETTRAIN @ ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995.